Sabtu, 15 Februari 2014

Sausage

kemarin aku belajar tentang sosis.. hmm.. sosis ini merupakan salah satu makanan favoritku. tapi begitu lihat cara membuatnya sih agak il feel. 

SEJARAH SOSIS
- kata sosis berasal dari bahasa latin "salsus", yang berarti diasinkan / diawetkan. pada jaman dahulu, dimana mesin pendingin belum ditemukan untuk mengawetkan daging, maka pembuatan sosis menjadi salah satu alternatif. Dalam sejarah, diperkirakan sosis dibuat oleh orang Sumaria (orang irak) sekitar tahun 300 S.M. Sosis bagi orang jerman termasuk makanan primer dengan lebih dari 1200 macam sosis yang diproduksi.

CARA PEMBUATAN SOSIS 
- Semua jenis daging
- Lemak
- Bahan pengikat dan pengisi
- Air
- Garam
- Bumbu

JENIS - JENIS SOSIS
a. SCANDINAVIA : Pølse Rød merupakan jenis sosis yang terkenal di scandinavia. Warna sosis disana adalah merah sehingga sering disebut “sosis merah”. Pølse Rød biasanya disajikan dengan mustard , saus tomat , bawang bombay dan acar timun.

b. AFRIKA UTARA: Merguez adalah sosis yang terbuat dari daging domba dan sapi atau keduanya. Biasanya merguez dibumbui dengan cabai, bawang putih, jinten, sumac dan adas untuk menambah kesedapannya. Merguez disajikan dengan cara dipanggang yang kemudian dibuat menjadi sandwich. 

c. AFRIKA SELATAN : Boerewors merupakan sosis yang populer di Afrika Selatan. Sosis ini menggunakan daging sapi , domba , atau babi , bisa juga dengan campuran daging domba dan babi. Kemudian daging – daging tersebut dibuat menjadi cincang kasar yang ditambahkan dengan rempah-rempah seperti biji ketumbar , lada hitam , pala dan cengkeh. Boerewors biasanya disajikan dengan cara dibentuk spiral. 

d. CHINA : Lap Cheong sosis kering yang memiliki tekstur keras yang tebuat dari daging babi. Sosis ini mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Rasa dari lap cheong biasanya manis yang dibumbui dengan garam , merica , dan lada. 

e. TURKI : Sosis di Turki terbuat dari daging sapi yang sering dikenal dengan nama Sujuk. Sujuk ditambahkan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti jinten , sumac, bawang putih , garam , dan merica merah. Biasanya di Turki , sujuk dimasak dengan kacang buncis atau dimasukkan ke dalam kue-kue. 

f. VIETNAM : Chả lụa adalah sosis yang berasal dari Vietnam. Sosis ini terbuat dari daging babi yang ditambahkan dengan pati kentang, bawang putih, lada hitam dan kecap ikan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

g. SWITZERLAND : di switzerland terdapat beberapa macam sosis, tetapi saya hanya mengambil 2 contoh saja yaitu sosis cervelat dan sosis landjager.

- Cervelat

- Landjager 
h. Germany : sama seperti switzerland. saya hanya mengambil 2 contoh sosis yang berasal dari german, yaitu sosis Knackwurst dan sosis Bockwurst

- Knackwurst : sosis ini lucu sekali bentuknya bulat lonjong dan gendut - gendut dan ukurannya yang mini yang membuat saya menjadi gemas dengan sosis ini.

- Bockwurst 

i. FRANCE 
- Andouille

- Rosette de Lyon 

MACAM - MACAM MASAKAN YANG BERBAHAN DASAR SOSIS 
a. Sosis Tempe 

Bahan-bahan untuk Membuat Sosis Tempe Special :
  • 72 gram Tempe
  • 38 gram Putih telur
  • 7 1/2 gram Tepung tapioka
  • 28 gram Minyak jagung
  • Chasing (pembungkus sosis) secukupnya

Bumbu-bumbu untuk Membuat Sosis Tempe Special : 
  • 1/2 gram Bawang Putih, dihaluskan
  • 2 1/2 gram Garam
  • 1/2 gram Gula pasir
  • Lada Bubuk secukupnya
Cara Membuat Sosis Tempe Special Kaya Gizi dan Sehat :
  1. Potonglah tempe dengan ukuran tertentu untuk memudahkan saat dihaluskan. Haluskan dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan digiling. 
  2. Sesudah tempe sudah benar-benar halus, tambahkan putih telur, seluruh bumbu-bumbu setelah dihaluskan, air es, serta tepung tapioka. Aduk-aduk sampai bahan-bahan tercampur secara merata. 
  3. Masukkan minyak jagung kedalam campuran bahan-bahan diatas sambil terus diaduk-aduk sampai adonan bahan menjadi pasta. 
  4. Masukkan adonan bahan di atas ke dalam chasing atau pembungkus yang telah di siapkan. Masukkan hingga mencapai panjang tertentu sesuai selera masing-masing. 
  5. Ikat di bagian ujung-ujung pembungkus dengan benang hingga benar-benar kuat dan erat.
  6. Lakukan memasukkan adonan sosis hingga selesai dan bahan adonan habis.
  7. Masak sosis dengan cara direbus, dikukus, dan juga diasapi hingga matang kira-kira 20-30 menit. 
  8. Kombinasikan cara memasak di atas untuk mendapatkan hasil sosis yang baik (sebagai catatan pengasapan diperkirakan mampu menambah kualitas dari rasa sosis dibandingkan dengan cara memasak yang lain).



b. Tortila Salad Sosis  
Bahan:
5 lembar roti tortila 

Bahan Sosis:
5 buah sosis sapi, kerat-kerat
2 siung bawang putih cincang halus
2 sendok makan saus tomat 
1 sendok makan barberque sauce 
1 sendok makan margarin, lelehkan
1/4 sendok teh merica bubuk 

Bahan Salad: Aduk Rata
50 gram letus, diiris kasar
50 gram wortel, iris dengan peeler, iris-iris halus
50 gram apel malang, potong korek api, beri 1/4 sendok teh air lemon aduk rata
25 gram mayones 
1 sendok teh susu kental manis 
1 sendok teh saus tomat 

Cara membuat:
  1. Sosis, campur sosis, bawang putih, saus tomat, barberque sauce, margarin, dan merica bubuk. Aduk rata.
  2. Bakar sosis sambil dioles bumbu hingga matang.
  3. Salad: campur letus, wortel, apel malang, mayones, susu kental manis, dan saus tomat. Aduk rata.
  4. Ambil selembar tortila panggang sebentar diatas pan yang sudah dipanaskan, tambahkan salad diatasnya dan sosis yang sudah di panggang. Gulung tortila.
  5. Sajikan.

- Ide bisnis : membuat restoran / cafe yang berbentuk sosis dan interirornya pun berbentuk sosis serta semua bahan dasar makananya terbuat dari sosis.

- saya baru sadar bahwa sosis memiliki banyak jenisnya tetapi saya tidak pernah tau nama - nama sosis tersebut. dan melalui presentasi ini saya menjadi sedikit lebih mengerti nama - nama sosis.

1 komentar: