Kamis, 06 Februari 2014

Cuisine WorldWide

hari ini aku belajar di kampus tentang cuisine worldwide. Disini aku belajar banyak tentang makanan" luar.
makanan yang hari ini di presentasikan oleh temanku yaitu :

 NORTH AMERICA
- Di North America ini kita terdapat banyak makanan contohnya saja hot dog, clam chowder, ribs, smoked meat sandwich. Ribs ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang coboy.

- North America Breakfast : Egg benedict & egg and bacon

- North America : di North America ini terdapat juga beberapa makanan yaitu buffalo wing, pancake, dan juga tator tot. Yang aku heran adalah kenapa makanannya namanya buffalo wing? emangnya buffalo punya sayap? tetapi buffalo wing ini merupakan teman makan untuk menonton kompetisi sport gt. di North Amerika juga terdapat festival chicken wing (bufallo wing) yang diadakan setiap tanggal 29 juli

- Carribean : terdapat makanan yang namanya unik yaitu jerk, arroz con dulce, asopao. Kenapa namanya jerk? soalnya dagingnya itu di marinated selama 1 malam, asopao itu adalah sup yang berisikan seafood dan juga ayam

- Central America : Buritto (cara penyajiannya ini di wrap), taco (isinya ditekuk cuma 1/2), achiote prok, ceviche ( makanan ini unik yang menggunakan daun pisang kemudian di oven )

- South America : asado ( cara memasaka makanan ini yaitu di grill pakai stainless steel, dan dibumbui dengan salt & pepper ), empanadas, fejoada

GANDUM 
- gandum terdiri dari beberapa yaitu : wheat, rye, oat, dan barley. wheat ini biasanya digunakan untuk membuat roti tawar, rye dibuat untuk membuat roti hitam, sedangkan oat dijadikan sebagai oatmeal.

FATS 
- fats ini terdiri dari 3 yaitu : butter, olive oil dan lard. lard ini adalah lemak babi yang tidak mudah gosong dan berasap, selain itu juga lard ini bisa dibuat menjadi cake. Olive oil ini biasanya digunakan untuk membuat dressing ataupun salad. dan yang terakhir butter biasanya dibuat menjadi cake, roti dll

BLOOD 
- aku baru tahu ternyata tidak hanya di Indonesia saja yang menjual didieh, ternyata di negara lain pun ada juga yang mengkonsumsi didieh, tetapi cara pengolahan didieh di Indonesia dengan di negara lain jauh berbeda, kalau didieh di Indonesia cuma di goreng saja tetapi kalau di negara lain didieh ini dibuat menjadi pudding yang memiliki campuran dari bawang bombay, lemak babi, darah sapi dan juga bumbu".

Central Europan Cuisine 
- Europa memiliki makanan yang bernama : austrian wiener schitzel dan German Blackforest. aku baru tahu ternyata blackforest dari German. di German ini Blackforestnya berbeda dengan negara - negara lain terutama dari rasanya.

EASTERN ERUROPEAN CUISINE 
- Di rusia ini terdapat makanan traditional juga seperti negara - negara pada umumnya, makanan tradisional rusia ini bernama russian pirozhki.

FRENCH HAUTE CUISINE
- makanan ini merupakan makanan high class orang perancis.

ITALIAN SWEET 
- Makanan italian ini terdiri dari tiramisu dan canoli, cara membuat canoli ini yaitu kue yang digoreng dan diberi dengan topping cherry, chocochip dll.

SPANISH CHURRO 
- spanish churro ini adalah donat spanyol yang dijadikan sebagai sarapan oleh spanyol

ITALIAN CUISINE 
- makanan italian cuisine ini meliputi pasta dan pizza. makanan ini sudah menyebar di seluruh berbagai negara salah satunya di Indonesia.

CUISINE OF CENTRAL AFRICA
- di africa terdapat makanan yang sangat unik yang bernama ndole, fufu ( makanan ini terbuat dari tanaman yang memiliki zat tepung) misalnya : umbi dan pisang, plantain (plantain ini adalah pisang tetapi pisang ini bedanya dengan pisang biasa plantain lebih banyak mengandung tepung)

CUISINE OF EAST AFRICA 
- kacumbari (bahan makanan yang dipakai adalah mentah yang terdiri dari tomat dan bawang), mandazi (jika mandazi ini ditambahkan dengan santan berubah nama menjadi mahamri) mandazi ini adalah roti goreng seperti prata yang dimakan dengan curry, greetz (bentuknya seperti bubur)

AUSTRALIA
- Pavlova (makanan ini disajikan pada saat perayaan / pesta) nama pavlova ini terinspirasi dari seorang balerina.
- australi jg memiliki makanan khas yaitu kangoroo steak
- vegemite (ekstrak ragi dengan berbagai sayuran dan rempah - rempah)
- sausage roll bentuknya seperti pastry yang dalamnya berisi daging cacah
- meat pie, isi dari meatpie ini adalah daging, mushroom dan union
- lamington bentuknya seperti sponge cake yang berisi coklat, dan krim selai

ASIA TIMUR 
- Chinese Cuisine memiliki cara masaknya cepat, dan menggunakan sirip ikan hiu )

JEPANG
- masyarakat jepang senang mengkonsumsi ikan mentah seperti sushi. mereka juga tidak mengenal appetizer, soup, main course dan dessert

KOREA
- orang korea senang sekali mengkonsumsi bawang putih. selain bawang putih mereka juga memiliki makanan yang bernama kimchi, jejamu (mie saus)

KAZAKH CUISINE
- kazakh cuisine ini merupakan masakan dari daging kuda

THAILAND
- memiliki ciri khas makanan pedas dan manis

LEBANON CUISINE 
- Makanan lebanon cuisine ini bahannya lebih banyak terdiri dari susu

1 komentar: