Kamis, 13 Februari 2014

Potato

hari ini selain aku belajar tentang pasta dan juga mie, aku belajar tentang kentang. ternyata aku baru tahu kentang itu memiliki banyak jenis. sebelumnya aku cuma tau bahwa kentang cuma 1 jenis saja, penasaran kan kentang apa aja yang aku dapetin dari kelas hari ini, langsung aja yaa..

SEJARAH KENTANG 
- kentang pertama kali ditemukan oleh Colombus di Amerika Selatan sekitar danau Titicaca, di daerah pegunungan Andes, dekat peru dan boliva.

MACAM - MACAM KENTANG 
- kentang memiliki 3 macam yaitu : kentang putih, kentang merah dan kentang kuning
a. Kentang Merah : kentang ini memiliki kulit berwarna merah akan tetapi umbinya berwarna kuning. kentang ini merupakan kentang yang sangat langka, tetapi di Indonesia terutama di dataran tinggi Dieng merupakan penghasil kentang berkulit merah ini.

b. Kentang Kuning : kentang kuning ini memiliki rasa yang lebih enak dari pada kentang putih. kentang kuning ini juga tidak akan hancur bila digoreng. kentang kuning ini memiliki harga yang mahal dari kentang putih. 

c. Kentang Putih : kentang putih ini memiliki warna kulit dan umbi yang berwarna putih. kentang putih ini berbeda dengan kentang kuning, kentang putih ini lebih mudah hancur jika diolah dan memiliki rasa yang hambar. 


d. Kentang Hitam : memiliki kulit yang berwarna ungu tua kehitaman, umbinya berwarna krem pucat dengan lingkaran ungu. bunga tanaman dari kentang hitam ini memiliki warna ungu. kentang jenis ini banyak ditanam di kepulauan shetland.

e. Kentang Hijau : kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. warna hijau ini didaptkan dari solanin sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. hindari kentang hijau ini karena kentang hijau ini menyebabkan sakit kepala,  sakit perut dan buang - buang air.

MANFAAT KENTANG UNTUK KESEHATAN 
a. Sumber energi (dari kandungan karbohidrat)
b. Sumber kandungan vitamin c ke 2 setelah jeruk, dan tidak akan hilang meskipun dimasak 
c. Meningkatkan PH dalam tubuh manusia dan mencegah kolestrol, karena mengandung lemak dibawah 25%
d. Khusus untuk kentang merah sangat berkhasiat untuk para penderita penyakit jantung
e. Mengontrol tekanan darah, baik dikonsumsi orang yang sedang diet, dengan menggantikan nasi dengan kentang yang memiliki karbohidrat yang rendah 

MANFAAT KENTANG UNTUK KECANTIKAN 
a. Dapat menghilangkan noda hitam (bintik - bintik hitam di wajah)
b. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata
c. Menghilangkan jerawat dan kutil
d. Memperlambat munculnya keriput
e. Memutihkan dan mencerahkan wajah dan menyegarkan mata yang lelah 

KEUNIKAN KENTANG
1. Seni Lukis Wajah : Ginou Choueiri berpikir bahwa kentang juga bisa dijadikan tempat melukis wajah, karena kentang memiliki warna kulit seperti manusia

2. Kentang berbentuk hati : di cina ada pedagang kentang yang bernama Lin Qi yang menemukan kentang berbentuk hati di dalam sekarung kentang. kentang ini sekarang telah dipamerkan di sebuah pameran pertanian.

VARIETAS KENTANG 
- kentang memiliki beberapa varietas diantaranya : 
a. Nicola : kentang ini tumbuh di jerman, sangat cocok untuk olahan dengan menggunakan teknik merebus. kentang jenis ini cocok untuk dipakai salad.
b. Russet : kentang amerika klasik, sangat cocok untuk dibakar dan digoreng misalnya french fries 
c. Lapin Puikula : kentang ini tumbuh di Finlandia dengan tanah yang basah dan cahaya matahari yang sedang. jenis kentang seperti ini cocok untuk olahan rebus dan bakar
d. Yukon Gold : Kentang ini merupakan kentang khas kanada, yang bertekstur lembut, cocok diolah dengan teknik direbus. biasanya dijadikan untuk mashed potato dan salad serta digoreng
e. Royal Jersey : kentang ini merupakan kentang satu - satunya yang berada di Inggris. cocok untuk di buat mashed potato, salad dan bake potato.

HASIL OLAHAN KENTANG
1. kartoffelknödel : makanan ini merupakan makanan ciri khas jerman barbarian

2. French Fries

3. Bacon Wrapped Yukon Gold

4. Potato Wedges 

a. awalnya aku cuma tahu bahwa kentang hanya memiliki 1 jenis yaitu kentang kuning 
b. yang aku pelajari dari kentang - kentang di kelas hari ini ternyata kentang memiliki 5 jenis kentang yaitu kentang merah, kuning, hitam, putih dan juga hijau, selain itu aku juga baru tahu bahwa kentang bisa dibuat untuk melukis wajah manusia.

IDE BISNIS : aku membuka restoran yang berdiri di samping perkebunan kentang sehingga orang - orang bisa lebih tau tentang sejarah, cara bercocok tanam dan mengolah kentang sampai jadi, dan membuat restoran tersebut menjadi unik dan berbentuk seperti kentang juga (kalau bisa)





1 komentar: