Kamis, 13 Februari 2014

Noodle & Pasta

Hari ini aku belajar di kampus tentang mie & pasta.. hmm.. so yummy.. pingin tau tentang sejarah mie dan pasta langsung aja ya..

PENGERTIAN MIE
- mie adalah adonan tipis dan panjang yang digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah 
ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. 

SEJARAH MIE
-          Mie ternyata telah ada sejak dari 4000 tahun yang lalu. Mie pertama kali di buat di daratan cina dan kemudian berkembang di negara – negara asia tenggara seperti jepang, korea dll. Bagi negara cina mie merupakan kehidupan yang panjang. Di Cina dan di Indonesia memiliki perbedaan, perbedaanya adalah kalau di Cina jika seseorang berulang tahun mereka tidak memberikannya dengan kue tart tetapi mereka memberikannya dengan mie sedangkan di Indonesia jika seseorang berulang tahun mereka memberikannya kue tart sebagai simbol. Tetapi orang cina di indonesia selain memberikan kue ulang tahun mereka juga memberikan memasakkan mie agar yang sedang berulang tahun bisa makan dan memiliki umur yang panjang seperti mie. Selain digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun mie juga sebagai teman minum teh.
-          Di pasaran mie di bagi menjadi 3 yaitu mie basah, mie kering dan yang terakhir adalah mie instant.

JENIS – JENIS MIE
a.       Kwetiau
-          Mie ini sangat umum dan banyak sekali di temukan di indonesia dan juga cina. Mie ini dapat dimasak dengan dua cara yaitu dengan cara digoreng ataupun dimasak seperti kuah. Mie ini terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sayuran jika pada saat memasaknya


b.      Ramen
-          Mie ini ditemukan di Jepang. Mie ramen ini dibuat dengan cara menggunakan air kaldu sebagai tempat merebus mie. Mie dihidangkan dengan daging, sayur telur dan ditambahkan dengan kaldu sapi.


c.       Wai – wai
-          Mie ini memiliki keunikan sendiri dari pada mie biasanya. Mie ini dapat dimakan langsung maupun dimasak terlebih dahulu.
d.    Dangmyeon

-          Mie ini berasal dari cina yang diberi nama mie suun, mie suun ini tidak memiliki rasa dan cara masaknya pun digoreng


e.      Mie pundong
Waktu temanku menjelaskan mie pundong ini aku tidak sempat mencatatnya karna temanku kalau jelasinnya cepet banget. Mie pundong ini seperti mie goreng yang dijual di pinggir jalan. hihihii

f. Soba
Soba ini ditemukan di jepang yang disajikan dengan kuah panas. soba ini bisa disajikan dingin dan dapat ditemui pada saat musim panas.

g. Udon
mie udon ini berasal dari jepang. udon ini memiliki versi mie yang ukurannya besar dan disajikan dengan kuah kental. 

h. La mien 
mie la mien ini merupakan mie yang paling tua di cina. mie la mien ini bisa dikatakan juga dengan mie sua

i. mee pok
cara memasak mee pok ini dengan cara ditumus dan juga bisa digoreng

j. mie pho 
mie ini berasal dari vietnam, berwarna putih dan lebar seperti kweetiau, mie pho ini biasa disajikan dengan daging sapi 


PASTA 
pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk

SEJARAH PASTA 
Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandumdan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.
Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun400 SM. Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet.

Penggolongan Pasta 
di italia terdapat 650 pasta. beberapa penggolongan pasta diantaranya: 
1. Pasta Long 
2. Pasta Ribbon-cut 
3. Pasta Short-cut 
4. Pasta Decorative Shapes 
5. Pasta Stuffed 
6. Pasta Minute 
7. Pasta Irregular

1.Long pasta terdiri dari 2 yaitu 
a. Fusilli : fusilli ini memiliki bentuk keriting 

b. Spaghetti : memiliki bentuk panjang, terbuat dari tepung dan juga air 


2. Ribbon Cut Pasta 
a. Fettucine : dalam itali memiliki arti pita kecil yang termasuk dalam bahasa romawi, terbuat dari tepung dan juga telur

b. Lasagna : pasta ini memiliki bentuk yang pipih, datar dan juga lebar.

3. Short Cut Pasta 
a. Canellonni  : cara memasak canellonni ini di panggang 

b. macaroni : pasta kering ini di buat dan di gulung - gulung

4. Decorative shapes pasta 
a. Chonchigline: pasta ini merupakan pasta yang berbentuk seperti kerang

b. Farfalle : pasta ini berbentuk seperti pita 

Ide bisnis dari Noodle & Pasta ini adalah saya ingin membuka restoran yang hanya menjual berbagai mie dan juga pasta yang beraneka bentuk dan memiliki banyak varian rasa seperti fettucini carbonara, spaghetti alfredo dll.

TAMBAHAN NOODLE & PASTA
- mie ini berasal dari timur dan barat. di cina terdapat bihun terbuat dari tepung beras.
- i fu mie ini terbuat dari tepung terigu.
- perbedaan bihun dengan misua adalah misua memakai tepung terigu sedangkan bihun memakai tepung beras 

sekiaaaaaaaannnnnn dannnn pegeeeeeelll..

1 komentar: